19 October 2011

Pentingnya Memakai Helm saat Berkendara

Beberapa tahun yang lalu saya mengalami kecelakaan lalu-lintas yang melibatkan satu sepeda motor dan satu ekor anjing..maksudnya saya naik sepeda motor trus nabrak seekor anjing yang menyebrang jalan.


Memang kejadian dipagi hari itu berlangsung cukup singkat. Kala itu saya melaju dengan kecepatan sekitar 60 km/jam memboncengkan adik perempuan saya. Sekonyong-konyong seekor anjing berlari menyebrang jalan.Tak sempat menginjak pedal rem,ban depan sepeda motor saya menghantam persis diperut mahluk berkaki empat yang cukub besar itu. Stang kemudi langsung oleng ke kiri dan gubrak....!!  motor ambruk, saya langsung nyosor muka duluan mencium mulusnya aspal. Habis itu Saya tdk ingat apa2. Tahu2 badan dah basah kuyup,kata orang yang nolong, saya masuk slokan...weleh..weleh..


Karena ada beberapa luka di wajah akhirnya saya dilarikan ke HOSPITAL.Untungnya adik saya tidak terluka/cidera saat kejadian. O iya,untuk anjingnya (menurut saksi mata) ternyata cuma luka ringan ringan dan langsung berlari meninggalkan TKP.


Setelah beberapa minggu,
bersyukur..saya dah lumyan pulih dan bisa mengendarai  motor lagi..


 Saya juga mengingat banyak kecelakaan dijalan raya, korban mengalami luka serius di bagian kepala karena pengendara sepada motor tidak memakai helm,atau memakai helm tidak standard. Terakhir ada saudara dari istri saya yang meninggal karena kecelakaan sepeda motor, memang pengendara memakai helm NAMUN tidak dikancingkan...


Melihat kejadian dan belajar dari pengalaman tersebut, ada point penting yang saya dapat, yaitu memakai helm itu ternyata memang terbukti penting. Jika waktu itu saya tidak memakai helm standar/tidak memakai helm mungkin saya tidak bisa menulis blog ini. 


O iya sebagai kelengkapan yang peting,helm juga perlu dirawat lho...diantaranya:


-bersihkan secara berkala tertama bagian kaca,usahakan kaca tidak banyak goresan karena menggangu penglihatan/silau di malam hari. Jika Kaca sudah kusam dan usang,segeralah ganti kaca yang baru. Kaca yang rapuh akan mudah pecah dan malah berpotensi menusuk wajah jika terjadi kecelakaan (seperti yang saya alami).


-Bersihkan helm dengan cairan silikon (biasanya buat Melindungi cat sepeda motor) supaya lebih tahan terhadap panas sinar matahari.


-Helm mempunyai masa pakai. Karena sering terpapar matahari di parkiran dalam waktu yang lama sangat dimungkinkan helm akan lapuk/menurun kualitasnya. Jika ada tempat penitipan helm mending dititipkan. Atau helm dimasukkan ke bagasi bagi yang punya sepeda motor dengan bagasi besar.


-jika helm dah uzur dimakan jaman..gantilah dengan helm yang baru..lagian juga malu kan pakai helm jelek..he.he..


Selamat memakai helm kawan, ga usah nunggu kalo ada pak Polisi Lalu-lintas makai helmnya, toh itu semua demi untuk keselamatan diri sendiri :)














Foto:aneka-helm.com

3 comments: